4 Cara Memilih Burung Kacer Yang Berkualitas

4 Cara Memilih Burung Kacer Yang Berkualitas – Seperti yang kita katahui, untuk memilih burung kicau memang gampang-gampang susah, khususnya burung kacer. Cara memilih burung kacer tidak semudah yang dibayangkan, perlu beberapa cara yang harus di ikuti. Tentu saja untuk peminat burung kacer selalu menginginkan burungnya selalu memiliki suara yang bagus. Namun perlu diketahui bagi pemula pemilihan ini sangat rumit, perlu banyak belajar dikit demi sedikit memahami beberapa faktor. Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang sangat bagus pertarungannya, tidak hanya itu saja, mental yang dimiliki kacer juga sangat bagus untuk perlombaan dimana saja.

Bagi kalian pecinta burung kacer pikat darimana saja, pasti sudah tidak heran jika banyak sekali perlombaan yang mengikut sertakan kacer didalamnya. Baik dari daerah sumatra, jawa dan pulau lainnya saat ini kian ramai membahas burung kacer.

Sebagai pengicau kalian harus mengetahui karakteristik yang dimiki kacer. Baik kacer bakalan atau kacer yang sudah bertarung di kalangan. Untuk mengetahui apa saja faktor pemilihan burung kacer, silahkan simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

kacer berkualitas profesional

kacer berkualitas profesional

Memilih Burung Kacer Bakalan Yang Berkualitas

Untuk kalian yang terkendala dengan modal, sebaiknya gunakan cara yang saya berikan ini. Karena untuk memilih kacer berkualitas perlu banyak sekali dana yang dikeluarkan.

1. Jenis Kelamin

Jika kalian mencari burung kacer dikarenakan suara kicau nya, maka pilihlan burung kacer jantan. Pada dasarnya burung jantan lebih baik suaranya ketimbang kacer betina yang terlihat monoton. Selain suaranya berbeda, ciri khas bulu yang dimiliki jantan juga lebih menarik perhatian. Selanjutnya pilihlah kacer yang mempunyai postur tubuh berisi dan memiliki leher yang panjang. Biasanya kacer yang memiliki leher yang panjang, suara gacorannya juga bagus.

2. Paruh

Cara memilih kacer yang baik kedua yaitu dengan memilih paruh yang besar, panjang dan pada pangkal terlihat lebar. Pada bagian hidung kacer kicau lubangnya dekat dengan matanya. Jangan memilih kacer yang bengkok paruhnya, biasanya paruh bengkok dapat membuat kicau kacer tidak teratur dan tidak enak di dengar.

3. Perhatikan Kepala Dan Mata

Pemilihan kacer yang berkualitas ketiga yaitu dengan cara memperhatikan kepala dan matanya. Jika kalian menginginkan kacer fighter maka pilihlah kacer yang memiliki mata bundar dan kepalanya agak kotak. Pada bagian mata biasanya agak melotot dan ukurannya lebih besar dibanding dengan yang lain. Memilih jenis ini memang lumayan sulit butuh ketelitian yang ekstra.

4. Postur Tubuh

Yang terakhir yaitu perhatikan postur tubuhnya, jangan memilih kacer yang terlalu ramping atau terlalu gemuk. Pilih kacer yang tubuhnya sedang dan proporsional, bentuk ekor yang mulus dan panjang, kaki dan lehernya juga tidak terlalu kecil dan besar. Karena dengan postur tubuh yang porporsional dijamin ideal dalam kecepatan dan juga kemampuan dalam bertarung melawan suara burung lainnya.

Kesimpulan

Dalam memlih kacer juara memang perlu banyak penelitian, tidak hanya sekedar memilih sesuai dengan hati, namun perlu adanya percobaan dan juga eksperimen. Diatas merupakan salah satu cara untuk memilih kacer dengan kualitas terbaik. Lakukan dengan tenang dan perhatikan semua faktor yang mempengaruhinya. Jangan lakukan jika dirasa ragu dengan burung pilihannya. Mantabkan hati kalian dengan penelitian yang baik dan benar.

Nah inilah 4 cara memilih burung kacer yang baik dan benar, jika menurut kalian masih kurang silahkan menambahkannya di kolom komentar. Demikian postingan kali ini, semoga dapat dipahami dan semoga dapat bermanfaat Amin.